Lost Saga

Lost Saga

Rabu, 16 Mei 2012

KNKT: 'Rumah' CVR Rusak Tapi Recording Media Masih Bagus

KNKT: 'Rumah' CVR Rusak Tapi Recording Media Masih Bagus

Sukma Indah Permana - detikNews
Rabu, 16/05/2012 15:43 WIB
Browser anda tidak mendukung iFrame
Jakarta Cockpit voice recorder (CVR) Sukhoi Superjet 100 diharapkan mampu menguak kecelakaan maut di Gunung Salak tersebut. Apalagi alat perekam CVR masih bagus, hanya 'rumah'-nya yang gosong.

"Jadi tadi kami membawa CVR, kami buka kotaknya sudah berwarna hitam. Tapi ada yang di dalamnya itu recording medianya masih bagus. Jadi yang rusak itu 'rumah'-nya," ujar Prof Mardjono Siswosuwarno, Investigator in Charge (IIC) untuk kecelakaan Sukhoi Superjet 100 di Gedung KNKT, Jl Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2012).

Karena 'rumah' asli CVR itu rusak, maka akan didatangkan alat seperti itu dari Rusia. 'Rumah' CVR berbentuk silinder atau selongsong yang berbungkus baja dan ada keramiknya.

'Rumah' CVR dari Rusia akan sampai ke Indonesia Kamis (17/5) malam. Kemudian media recording akan dimasukkan ke dalam 'rumah' tersebut lantas KNKT akan mendownloadnya.

Saat ini, lanjut Mardjono, media recording sudah dibungkus dengan plastik anti listrik statis untuk diteliti lagi Jumat malam. "Jadi kita mulai bekerja Jumat malam," kata dia.

Mardjono berharap, investigasi CVR tidak akan memakan waktu lama. Dia mencontohkan pembacaan pada kasus Garuda jatuh di Yogyakarta dan Garuda jatuh di Sibolangit, Medan, memakan waktu sekitar 3 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar